Baru-baru ini saya membaca kasus bunuh diri dua kakak beradik yang loncat dari sebuah apartemen. Entah apa masalahnya yang mengakibatkan mereka memilih jalan nekat seperti itu, yang jelas masalahnya mesti demikian berat sehingga tak lagi mereka rasa dapat ditanggung dan hanya dapat selesai dengan kematian. Yang luar biasa adalah ada yang sempat merekam momen mereka berdua meloncat dari apartemen dan meng-uploadnya ke jejaring sosial sehingga video tersebut menjadi viral.
 
Tindakan tersebut mengingatkan saya kepada film The Circle yang dibintangi aktor senior Tom Hank. Film yang bercerita tentang transparansi di segala bidang, termasuk bidang kehidupan. Bahwa privasi adalah penghambat dan pengetahuan akan segala sesuatu adalah segalanya. Maka, Mae Holland (yang diperankan oleh Emma Watson), salah seorang karyawannya, berhasil dibujuk untuk mengenakan kamera kecil untuk merekam segala aktivitasnya, real time.
 
Hasilnya adalah petaka demi petaka. Teman baik Mae harus tewas karena dikejar oleh drone yang “tadi”nya bertujuan untuk menemukkannya. Orang tuanyua menolak untuk melanjutkan program tersebut karena merasa privasi mereka terganggu. Demikian seterusnya sampai Mae sadar bahwa pengetahuan tanpa batas bukan segalanya.
 
Sebuah sindiran yang amat mengena untuk masa kini, dimana orang tergila-gila dengan informasi dan terus dibanjiri oleh informasi. Dimana orang merasa adalah kewajiban dirinya untuk menyiarkan semua hal, tapi lupa bahwa bahkan kebaikan sekalipun bisa menjadi keburukan jika disampaikan dengan cara yang salah atau kepada orang yang tidak tepat.
Advertisements